KEGIATAN DOSEN TAMU PADA MATA KULIAH
Studi Penyusunan dan Publikasi Karya Ilmiah bersama Dr. Maximus Tamur
17 Desember 2020
Kegiatan dosen tamu dimulai dengan sesi pembukaan yang dipandu oleh Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd., dosen pengampu mata kuliah. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd menyampaikan latar belakang dan tujuan kegiatan serta memperkenalkan narasumber, Dr. Maximus Tamur, M.Pd., seorang ahli dalam bidang meta analisis dan pendidikan matematika.
Dr. Maximus Tamur memulai dengan memberikan kuliah umum mengenai konsep dasar dan pentingnya meta analisis dalam penelitian pendidikan. Materi mencakup definisi, sejarah perkembangan, dan penerapan meta analisis dalam penelitian pendidikan matematika. Beliau juga menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan meta analisis, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil.
Setelah sesi kuliah umum, kegiatan dilanjutkan dengan workshop praktikum. Dalam sesi ini, Dr. Maximus membimbing mahasiswa secara langsung dalam melakukan meta analisis. Mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil dan diberikan studi kasus untuk dianalisis. Setiap kelompok diajarkan cara mengidentifikasi penelitian yang relevan, mengumpulkan data, dan melakukan analisis statistik menggunakan software meta analisis.
Sesi berikutnya adalah tanya jawab dan diskusi kelompok. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan serta mendiskusikan berbagai tantangan dan solusi dalam penerapan meta analisis. Dr. Maximus memberikan jawaban yang komprehensif dan tips praktis berdasarkan pengalamannya.
KEGIATAN DOSEN TAMU PADA MATA KULIAH "Studi Mathematical Enterpreneurship Berbasis TIK" bersama Ir. Sanny Darman (Pengelola Homeshooling Pewaris Bangsa)
27 Oktober 2023
Kegiatan dosen tamu dimulai dengan sesi pembukaan yang dipandu oleh Aflich Yusnita F, M.Pd., selaku asisten dosen pada mata kuliah studi mathematical enterpreneurship. Moderator menyampaikan latar belakang dan tujuan kegiatan serta memperkenalkan narasumber Ir. Sanny Darman (Pengelola Homeshooling Pewaris Bangsa). Selanjutnya kegiatan di buka oleh ketua prodi S2 Pendidikan Matematika, Ibu Dr. Anik Yuliani, M.Pd. sekaligus memberikan sambutan.
Bu Sanny dengan memberikan kuliah umum Pengantar tentang konsep home schooling dan pentingnya inovasi dalam pendidikan, Pengalaman dalam mengelola Home Schooling Pewaris Bangsa, Penerapan matematika dalam perencanaan kurikulum dan evaluasi pembelajaran, Penggunaan teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar dan manajemen pendidikan.
Mahasiswa diajak untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Diskusi mengenai tantangan dan solusi dalam pendidikan alternatif dan home schooling.
KEGIATAN DOSEN TAMU PADA MATA KULIAH Studi Mathematical Enterpreneurship Berbasis TIK bersama ibu Yuliawati, A.Md. (Owner dapur Bunda Yoels dan Penggiat UMKM di Kota Cimahi)
20 Oktober 2023
Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, integrasi antara teori dan praktik menjadi sangat krusial untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Mata kuliah Mathematical Entrepreneurship berbasis TIK di program S2 Pendidikan Matematika bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam menggabungkan konsep matematika dengan teknologi informasi serta menerapkannya dalam dunia usaha.
Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan kuliah dosen tamu dengan menghadirkan praktisi UMKM yang sukses menjadi salah satu strategi yang efektif. Dengan menghadirkan praktisi yang berpengalaman, mahasiswa dapat memperoleh wawasan langsung mengenai penerapan teori dalam dunia nyata, serta memahami tantangan dan peluang yang ada di lapangan.
Yuliawati, A.Md., sebagai owner dari Dapur Bunda Yoels, merupakan sosok yang tepat untuk diundang sebagai dosen tamu dalam mata kuliah ini. Beliau adalah penggiat UMKM di Kota Cimahi yang telah berhasil mengembangkan bisnis kuliner dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk pemasaran dan operasional usahanya. Pengalaman beliau dalam membangun dan mengelola usaha kuliner dari nol hingga mencapai kesuksesan dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran berharga bagi mahasiswa.
Dengan demikian, kuliah dosen tamu ini tidak hanya memperkaya pemahaman teoretis mahasiswa, tetapi juga mengasah keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh peserta.
Dr. Jero Budi Darmayasa., S.Pd., M.Pd.Si dari Universitas Borneo Tarakan
25 Juni 2022
Kebijakan baru dari Kampus Merdeka diantaranya adalah adanya 8 indikator kinerja utama. Ukuran dari suatu kampus maju atau tidaknya saat ini, dapat diihat dari tingkat ketercapaian ke 8 indikator kinerja utama tersebut. Ke-8 indikator kinerja utama tersebut meliputi: (1) Lulusan mendapat pekerjaan yang layak (2) Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus (3) Dosen berkegiatan di luar kampus (4) Praktisi mengajar di dalam kampus (5) Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat (6) Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia (7) Kelas yang kolaboratif dan partisipatif (8) Program studi berstandar internasional.
Dengan adanya 8 indikator kinerja utama tersebut maka program studi Magister Pendidikan Matematika – Pascasarjana - IKIP Siliwangi terpacu untuk terus maju dan berkembang seiring dengan kebijakan baru tersebut. Salah satu program yang akan dilaksanakan oleh Magister Pendidikan Matematika – Pascasarjana - IKIP Siliwangi terkait pencapaian indikator kinerja utama yang ke 4 tentang Dosen dan atau Praktisi mengajar di dalam kampus maka program studi pendidikan matematika merencanakan untuk mengundang dosen tamu dari luar IKIP Siliwangi sebagai narasumber eksternal yang akan memberikan kuliah terstruktur yang sesuai dengan program studi. Program studi mengundang dosen tamu ini merupakan kegiatan yang akan dilaksanakan secara rutin dan dilaksanakan secara daring/luring.
Pada tahun 2022 ini mahasiswa yang akan melaksanakan perkuliahan dengan sudut pandang berbeda dari narasumber. Kegiatan perkuliahan ini akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2022 yang sesuai dengan bidang ilmu dosen tamu dengan Program Studi Pendidikan Matematika. Pada kegiatan ini mahasiswa diminta untuk membuat resume perkuliahan. Adapun pemilihan platform pembelajaran yang digunakan yaitu dengan menggunakan zoom meeting untuk melaksanakan perkuliahan, hal ini dikarenakan berbagai hal yang menjadi pertimbangan terkait pembatasan sosial dimasa pandemi.
PRAKTISI MENGAJAR MATA KULIAH MATHEMATICAL ENTREPRENEURSHIP 2 Bersama Haepend Yohanes Silaen, M.Pd, Praktisi Bank BTN (Kacab BTN Margaasih)
Praktisi mengajar merupakan individu yang secara aktif terlibat dalam profesi pendidikan, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah formal. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Latar belakang praktisi mengajar sangat bervariasi tergantung pada bidang spesifik mereka.
Dengan kombinasi latar belakang pendidikan formal, sertifikasi, pengalaman, dan keterlibatan dalam pengembangan pendidikan, praktisi mengajar memiliki peran yang krusial dalam membentuk masa depan generasi yang akan datang melalui pendidikan yang mereka berikan. Terkhusus pada Mata Kuliah Mathematical Entrepreneurship 2 yang menjadi Mata Kuliah Unggulan di Prodi Pendidikan Matematika terkait Perbankan, diperlukan Praktisi Khusus yang berkaitan dengan dunia Perbankan. Prodi Pendidikan matematika menjadi salah satu wadah yang mampu mengakomodir kebutuhan-kebutuhan mahasiswa di dalam dunia indusri dan dunia kerja. Sehingga mahasiswa mampu belajar dan mengambil manfaat dari kegiatan Perkuliahan dengan Praktisi mengajar ini. Adapun manfaat dari kegiatan ini berupa pengalaman belajar bagi mahasiswa di luar kampus (khususnya di Industri) dalam pengembangan wawasan keilmuan, cara berfikir, dan bersikap sebagai seorang calon sarjana pendidikan, memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai calon sarjana pendidikan matematika yang professional, memiliki keterampilan dalam mengembangkan bahasan terkait perbankan yang berbantuan ICT.
Bagi lembaga khususnya Program Studi Pendidikan Matematika dengan dilaksanakannya kegiatan Praktisi ini dapat meningkatkan kinerja prodi dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang diperoleh di lapangan juga untuk memenuhi IKU 2.